3 Penyebab Telapak Tangan Gampang Berkeringat

aura.co.id | 22 Januari 2021 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Telapak tangan yang mudah berkeringat kadang-kadang bikin kita kurang nyaman, apa sih alasan mengapa hal ini bisa terjadi? 

Telapak tangan dan telapak kaki merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki kontur kulit yang lebih tebal dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini bukan tanpa alasan lho Teens, melainkan karena kulit di bagian telapak tangan dan telapak kaki memang lebih tebal dan memiliki lebih sedikit pori-pori dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, telapak tangan dan telapak kaki menjadi dua bagian tubuh yang jarang berkeringat.

Eits, tunggu dulu.              

Siapa di sini yang sering sekali mengalami permasalahan telapak tangan yang mudah berkeringat? Awalnya sih kalian menghiraukannya, tapi lama kelamaan telapak tangan yang mudah sekali berkeringat ini mengganggu aktivitas dan kenyamanan kalian sehari-hari.

Keringat yang keluar dari telapak tangan bukanlah hal yang biasa. Kebanyakkan orang awam langsung menyimpulkan telapak tangan yang selalu berkeringat merupakan salah satu tanda dari penyakit jantung, padahal belum tentu telapak tangan berkeringat yang kamu alami adalah gejala dari penyakit jantung lho Teens. Ada beberapa sebab kenapa telapak tangan kamu mudah berkeringat, yaitu:

1. Kelebihan hormon tiroid

Kelebihan hormon tiroid adalah sebuah keadaan dimana kelenjar tiroid dalam tubuh kamu memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Hal inilah yang menjadi penyebab telapak tangan kamu menjadi mudah berkeringat. Kelenjar tiroid lebih sering dikenal juga dengan kelenjar gondok, letaknya di leher bagian depan, dekat dengan jakun kalian. Nah, selain telapak tangan yang berkeringat, ada lagi beberapa gejala yang kamu akan alami saat kamu kelebihan hormon tiroid, yaitu:

- Berat badan turun dan badan menjadi kurus
- Gelisah
- Berdebar-debar
- Tangan tremor
- Gemetaran
- Tidur tidak nyenyak
- Otot lengan atas dan paha terasa lemas

Kalau sekiranya kalian mengalami kondisi-kondisi ini, maka sangat disarankan bagi kalian untuk segera menemui dokter agar segera ditindaklanjuti.

2. Cemas

Penyebab kedua kenapa telapak tangan kamu mudah berkeringat adalah rasa cemas. Sikap cemas menyebabkan reaksi dalam tubuh terjadi berulang-ulang, seperti misalnya sesak nafas, jantung berdebar, sakit kepala, rasa ingin buang air kecil, dan berkeringat. Tidak jarang saat kalian merasa cemas, gelisah, takut, dan/atau khawatir, telapak tangan kalian mengeluarkan keringat sebagai reaksi normal karena pikiran kalian yang tidak tenang. Kondisi ini tidak berbahaya.

3. Stres dan tertekan

Kondisi emosional seseorang memang memiliki peranan yang penting bagi kesehatan orang tersebut. Stres dan tertekan karena lingkungan yang kurang bersahabat, masalah yang datang tiba-tiba, tuntutan pekerjaan, dan atau sejenisnya menjadi salah satu penyebab kenapa telapak tangan kamu berkeringat. Hal ini karena sistem saraf tidak sadar dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat kamu stres, sehingga berakhir dengan saraf otak mengirimkan sinyal yang salah ke saraf keringat.

Itu dia 3 penyebab lain kenapa telapak tangan kamu mudah berkeringat. Pada dasarnya, telapak tangan yang berkeringat bukanlah suatu kondisi yang berbahaya, asalkan tidak berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak tanpa sebab. Dibanding serta merta menyimpulkan ini dan itu, lebih baik jika kamu segera menemui dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu sebenarnya.

Sekarang sudah tahu kan beberapa alasan mengapa tanganmu mudah berkeringat. 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait